Keindahan Indonesia

Apa sih sebenarnya yang bisa bikin negara Indonesia kita ini lebih cantik? Mamang banyak yang sudah terlupakan sehingga kecantikan Indonesia menjadi pudar, padahal apasih yang kita tidak punya. Kecantikan alam, sumber daya alam, keramah tamahan orang Indonesia, kekayaan tradisi, suhu udara yang berteman, dan masih banyak lainnya, adalah khas Indonesia yang harus kita bina dan pertahankan. Tanpa disadari semua yang saya sebutkan tadi jelas berkurang. Sedih saya untuk bilang bahwa kenapa negara lain bisa lebih bagus padahal kita punya banyak yang mereka punya.

Yang jelas, semua orang bisa bantu membuat Indonesia cantik lagi yang mana bisa dirasakan oleh banyak orang. Dan itu tidaklah susah dan kompleks.

Mulai saja dari yang paling mudah dan masuk logika, contohnya:
-Janganlah buang sampah sembarangan. Masih sering terlihat kalau orang suka buang sampah dengan mudahnya dengan membuka jendela mobil dan membuang sampah ke jalan. Waduh, ketinggalan sekali kita kalau itu saja kita tidak bisa hentikan. Memalukan sekali bukan? Malulah kita yang melakukannya. Masa jalanan dijadikan tempat sampah. Tidaklah heran kalau kita selalu kena musibah banjir.
-Hargai hak orang lain dimana saja, di jalan, di rumah atau di kantor. Jangan biasakan nyupir di jalan tanpa aturan sekalipun aturan jarang diajarkan. Tidak semua orang mau mendengar deringan kenalpot yang keras bunyinya. Janganlah ngebut sehingga sudah pasti dapat mencelakakan orang banyak. Masa mendahului di jalan tol mengunakan lajur kiri? Dan masa mobil pelan jalannya di kanan? Masa banyak sekali terlihat anak kecil mengendarai motor di jalanan yang sudah pasti Surat Izin Mengemudi saja tidak punya. Jangan lupa bilang selamat pagi atau terima kasih. Jangan lupa mandi, karena bau badan bisa mengganggu orang lain. Jangan melototi orang lain tanpa dengan sadar atau tidak. Kalau batuk janganlah dimuka orang lain. Berikanlah jalan keluar kepada orang yang ada dalam lift karena percuma kita tutupi mereka sehingga membuat susah dan membuang waktu orang banyak. Belajarlah untuk antri jangan biasakan nyerobot, memalukan deh. Gaya boleh pakai jam rolex tapi ngantri saja tidak bisa. Aneh kan?
-Bersihkanlah udara yang kita hisap dari polusi. Masa bus masih menghembuskan kotoran CO2 dan dibiarkan saja sehingga sudah pasti merugikan orang sangat banyak. Jangan bakar sampah dong pak, bu! Asapnya kan merugikan saudara sekitar anda, termasuk anda sendiri.
-Sesama bangsa Indonesia kok tidak bisa akur dalam politik, bisnis ataupun bekerja sama. Pemerintah dan wakil rakyat di DPR bukannya mereka harus menjadi contoh rakyat. Kalau duduk saja tidak lurus dan tegap gimana ya caranya mereka menjagai nasib kita. Susah saatnya Indonesia dikepalai oleh orang-orang yang terpelajar dan memikirkan orang banyak bukan sepihak. Kasihanilah orang yang kelaparan dan nasibnya jadi terpuruk akibat salah penguasa. Berkuasalah dengan fikiran sehat, pintar dan positif daripada otot atau kekerasan.
-Janganlah hutang melampaui batas yang kita bisa kembalikan. Takutnya nanti kalau kita tidak bisa bayar, anak-anak kita yang harus membayarnya secara tidak langsung dengan kenaikan harga atau kelemahan mata uang kita.
-Cantikanlah pemandangan, rumah dan gaya kita. Karena kalau gaya kita norak itu merusak pemandangan orang lain bukan? Dan kalau memang gaya kita bagus mau anak kecil sampai orang tua, bisa merasakan keindahan. Seperti pantai yang cantik, mau anak kecil atau orang tua, laki atau perempuan, orang dengan kulit hitam atau putih tanpa dipaksa akan senang disana.
...

Masih banyak yang kita bisa list disini tapi mungkin kita bisa sambung lagi nanti setelah kita dapat respon positive dari saudara-saudara kita yang cinta Indonesia.

gk

3 comments:

Anonymous said...

Apakah yang kita dan kamu telah buat untuk membuat Indonesia atau dunia menjadi lebih bagus?

Anonymous said...

Selamatkan Indonesia Kita

Kalau kita bicara sekarang memang banyak orang yang berbeda pikiran. Ada yang bilang Indonesia itu negara dalam kondisi baik dan adapula yang bilang kalau Indonesia dalam kondisi buruk. Memang segala sesuatu mempunyai dua sisi, sisi positive dan negative. dari segi positive kita bisa bilang kalau Indonesia itu membaik dari segi demokrasi tapi memburuk dari implikasi demokrasi tersebut contohnya. Dan tidaklah adil kalau kita lihat semua dari sisi negativenya saja. Yang pasti seorang Indonesia ingin apabila negaranya membaik. Maka sewajarnya baik atau tidak kondisi kita sekarang kita harus memperbaiki lagi. Jalanan macet

Anonymous said...

sulit biasanya untuk memulai sesuatu perubahan yg baik. Dgn adanya niatan untuk membuat indonesia baik, adalah suatu start yg briliant. But, i think ga cuma sampai disitu, perlu action yg udah di list td.